Yayasan Kalpati & GeSeR Bantu Korban Banjir di Kec. Solear dan Perumahan Pondok Arum Tangerang

Banjir bandang melanda perkampungan di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang awal tahun 2020 ini. Beberapa rumah terlihat rusak parah tersapu air bercampur lumpur. Banyak warga yang terpaksa mengungsi karena rumah tak lagi bisa ditinggali. Beberapa tempat di Kota Tangerang juga tak luput dari banjir yang melanda beberapa kawasan sejak tanggal 1 Januari 2020 dini hari. Salah satunya adalah perumahan Pondok Arum, di Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang yang terendam air hingga setinggi 2 meter.

Yayasan Kalpati melalui komunitas sosialnya Gerakan Seratus Rupiah (GeSer) dengan dukungan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT. Gajah Tunggal menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Tangerang. Bantuan tersebut untuk meringankan beban warga yang dilanda banjir di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang dan perumahan Pondok Arum, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Bantuan yang diberikan berupa 1.000 boks makanan siap santap, 50 dus air mineral botol, biskuit, popok bayi, dan cairan pembersih lantai. Bantuan itu hasil penggalangan dana dari pekerja dan manajemen PT. Gajah Tunggal Tbk oleh Yayasan Kalpati, sebuah perkumpulan alumni Politeknik Gajah Tunggal (Patigat). Melalui Gerakan Seratus Rupiah (Geser), mereka berhasil menghimpun donasi untuk para korban banjir tersebut.

Yayasan Kalpati & Komunitas GeSeR Bantu Korban Banjir

“Banjir datang dengan cepat dan langsung tinggi, banyak warga yang tak sempat menyelamatkan barang-barangnya. Kami berharap, dengan berbagi makanan hangat (sarapan) di pagi hari ini, bisa membangkitkan kembali semangat para korban. Dan kondisi fisik selalu bugar untuk membenahi sisa-sisa lumpur yang dibawa air,” Kata Ery Yudha, ketua pelaksana Sarapan Bareng Gerakan Seratus Rupiah (Sareng Geser).

Sebelum membantu para korban banjir, lanjutnya, Sareng Geser juga telah menggelar kegiatan berbagi nasi untuk sarapan kepada tukang becak, pemulung, kuli bangunan, dan petugas kebersihan. “Namun kali ini, mencermati banyaknya korban banjir yang kesulitan mendapatkan makanan dan air minum, Kalpati dan Geser bergerak menyalurkan bantuan ke lokasi bencana banjir,” tambahnya.

Jepi Yuli, salah satu pengurus Yayasan Kalpati dan koordinator lapangan menyampaikan, meski banjir telah surut, beberapa keluarga korban banjir masih menetap di posko pengungsian untuk menghindari banjir susulan yang bisa datang setiap saat. Sebab menurut BMKG puncak musim hujan masih diramalkan akan terjadi sampai pekan depan. “Mudah-mudahan, saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir diberikan ketabahan dalam menghadapinya. semoga Allah SWT memberikan keselamatan bagi kita semua,” pungkasnya.

Turut mendampingi dalam aksi sosial itu adalah Samsul Bahri, ketua umum PUK SPSI PT. Gajah Tunggal Tbk., dan Beny Setiawan, manager HSE PT. Gajah Tunggal Tbk. “Banyak daerah yang terdampak bencana di awal tahun ini. Beberapa keluarga karyawan di perusahaan kami mungkin juga tinggal di daerah-daerah bencana tersebut dan menjadi korban bencana. Kami ingin hadir untuk memberikan penghiburan, agar derita yang mereka alami sedikit terangkat. Dan agar mereka tidak merasa sendiri, karena banyak pihak yang datang membantu layaknya saudara,” ujar Samsul Bahri di sela acara penyerahan bantuan.

Terima kasih kami ucapkan terutama untuk para donatur yang telah menyumbangkan sebagian rejekinya untuk membantu para korban banjir ini, juga terima kasih untuk SPSI PT. Gajah Tunggal Tbk. serta para sukarelawan yang membantu terlaksananya penyaluran sarapan hangat dan bantuan untuk para korban banjir di perumahan Pondok Arum dan Kec, Solear Tangerang.

Salam GeSeR – Karena Berbagi Tak Akan Merugi