geser - pembuatan desinfektan sendiri

Membuat Disinfektan Sendiri Lebih Mudah dan Murah Lawan Corona

Seperti kita tahu saat ini persebaran Virus Corona (COVID-19) sudah semakin luas. Bukan tidak mungkin orang yang terlihat segar bugar berstatus positif terjangkit virus ini, dan orang tersebut (bahkan mungkin kita sendiri) dapat menjadi carrier/pembawa persebaran virus tersebut.

Hand Sanitizer, Vitamin C, Masker, dan peralatan lainnya pun semakin susah untuk didapatkan. Sekalinya tersedia harganya berkali-kali lipat dari harga normal atau cukup mahal untuk kalangan masyarakat menengah kebawah. Penyemprotan cairan desinfektan menjadi salah satu cara untuk memutus rantai persebaran Virus Corona/COVID-19 ini. Karena kelangkaan dan harga yang cukup tinggi tersebut, kita dapat membuat desinfektan sendiri lebih mudah dan murah lawan corona.

Peneliti Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Joddy Arya Laksmono membenarkan bahwa cairan disinfektan bisa dibuat dengan campuran cairan pemutih pakaian atau pembersih lantai. Anjuran dari WHO seperti berikut, pengenceran 5 persen sodium hipoklorit dengan perbandingan 1:100 biasa dianjurkan. Gunakan 1 bagian cairan sodium hipoklorit (biasanya terdapat di cairan pemutih pakaian) dicampur dengan 99 bagian air biasa. Bahan pemutih pakaian yang diencerkan ini dapat mendisinfeksi permukaan dalam waktu kontak 10-60 menit. Tabel berikut dibawah dapat digunakan sebagai sumber acuan dalam membuat campuran cairan disinfektan untuk disemprotkan diluar rumah.

Tabel Campuran Desinfektan

Karbol pada tabel diatas dipergunakan sebagai tambahan desinfektan dan juga penetral bau yang kurang sedap dari cairan pemutih pakaian (contoh sodium hipoklorit), namun ada juga beberapa orang yang tidak suka dengan wangi dari karbol tadi sehingga dapat ditambahkan sesuai dengan ukurannya.

Cairan pembersih lantai pun bisa digunakan untuk bahan campuran desinfektan namun daya aktifnya lebih rendah dibanding dengan cairan pemutih pakaian tadi dan saat pencampuran biasanya cairan pembersih lantai akan menimbulkan busa serta membuat lantai/permukaan lebih licin.

Setelah cairan desinfektan ini dibuat, kemudian dapat kita semprot pada beberapa bagian dari rumah kita yang sering dipegang oleh tangan. Contohnya gagang pintu, kunci, dinding pintu, tiang pagar rumah, dan lain sebagainya. Namun jangan lupa untuk mencuci tangan kita pada air mengalir menggunakan sabun cuci setelah beraktifitas dan sebelum makan atau minum.

Semoga musibah Virus Corona ini segera cepat berakhir dan kita semua senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat. Jika artikel ini bermanfaat mohon untuk dapat dishare ke saudara/rekan kita lainnya agar mereka juga dapat memutus rantai persebaran virus corona.

#lawancorona #lawancovid19 #medialawancorona #medialawancovid19 #geserlawancorona #bikinsendiricairandisinfektan

sumber : Team Reaksi Cepat BPBD DIY